Cara Melakukan Gerakan Lompat Tinggi Gaya Flop



Bagikan:


Lompat tinggi gaya flop [image by landejavu.wordpress.com], 

Lompat tinggi merupakan salah satu nomor lompat dari cabang atletik yang dipertandingkan untuk putra dan putri, di mana atlet harus melewati palang penghalang yang dipasang pada ketinggian tertentu. Tujuan dari lompat tinggi agar dapat mencapai lompatan yang setinggi-tingginya.


Gerakan yang dilakukan dalam lompat tinggi adalah melompat ke atas dengan mengangkat kaki ke depan atas untuk membawa titik berat badan setinggi mungkin dan mendarat secepat mungkin. Menurut Gerry A. Carr (1997 : 117) bahwa dewasa ini teknik lompat tinggi fosbury flop (menelentang) telah menggantikan teknik straddle. Salah satu faktor penting dalam lompat tinggi flop agar berhasil adalah membuat lengkungan punggung yang cukup tajam saat melewati palang.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Tingkat fleksibilitas tersebut dapat tercapai melalui program latihan yang lama. Pada fase melewati palang ini diperlukan sikap tubuh yang tepat agar pelompat dapat mengangkat titik berat tubuh setinggi mungkin. Berikut ini tahapan cara melakukan gerakan lompat tinggi gaya flop.

Teknik Awalan
Adapun cara melakukannya sebagai berikut.
  • Melakukan awalan dengan berlari dengan sebagian lurus dan sebagian lagi melengkung.
  • Berlari 3 – 6 langkah pada bagian yang lurus. Tambahkan kecepatan lari dengan langkah lebar dan penuh kekuatan.
  • Condongkan badan ke arah dalam pada bagian yang melengkung. Bahu lebih rendah pada bagian lengkung daripada bahu di luar lengkungan.
  • Teruskan menambah kecepatan lari dengan langkah-langkah yang penuh kekuatan. Dengan penekanan khusus dorongan kuat pada langkah terakhir (menjelang bertolak).
Teknik Tolakan
Adapun cara melakukannya sebagai berikut:
  • Langkah akhir sedikit lebih pendek. Kaki yang bertolak harus mendarat dengan cepat dengan gerak percepatan. Jarijari kaki menunjuk ke arah posisi mendarat. Kaki tidak harus paralel dengan bagian depan tempat mendarat.
  • Naikkan paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan pertahankan posisi, ayunkan lengan ke atas setinggi kepala dan tetap dipertahankan, luruskan sendi mata kaki, lutut, dan sendi panggul.
Teknik Melewati Mistar (Melayang)
Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Sesudah bertolak, teruskan memelihara sikap kaki bebas dalam posisi horizontal. Kaki yang bertolak agar tetap diluruskan.
  • Gerakkan lengan kiri sebagai lengan yang mendahului melewati mistar lompat tinggi.
  • Angkat pinggang naik lebih tinggi sampai melewati mistar.
  • Apabila pinggang telah melewati mistar, tarik kepala ke dada dan luruskan kaki.



Teknik Mendarat
Caranya mendaratlah dengan seluruh punggung dibantu dengan lengan. Usahakan lutut tetap terpisah pada waktu mendarat.

Sumber pustaka :
  • Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Cara Melakukan Gerakan Lompat Tinggi Gaya Flop"

  1. asik nich artikelnya, detail sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gan pujiannya,, nanti ditambah lagi kalo dapat referensi baru,,

      Hapus