Cara Melakukan Gerakan back extention atau stutz | Edukasi Center



Bagikan:


Gerakan back extention atau stutz, 
Senam adalah rangkaian latihan jasmaniah yang terdiri atas bermacam-macam jenis, disusun menurut urutan dan dilaksanakan dalam waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Johan Basedow (Jerman) adalah pelopor adanya senam sekolah. Beliau telah memasukkan olahraga senam ke dalam mata pelajaran di sekolah tahun 1776.

Pada tahun itu pula, Johan Cristian Frederick Guthmuths (Jerman) dapat menciptakan senam sekolah secara sistematis karena itu beliau oleh dunia internasional dianggap sebagai bapak olahraga senam. Di samping senam lantai, senam alat merupakan bagian dari nomor senam yang diperlombakan.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
Adapun senam ketangkasan tanpa alat, seperti latihan lenting tengkuk, latihan lenting kepala, latihan rangkaian berguling ke depan, dan latihan rangkaian berguling ke belakang. Gerakan back extention atau disebut juga gerakan stutz, cara melakukannya sebagai berikut.
  • Dimulai dengan sikap berdiri tegak membelakangi arah gerakan dengan kedua tangan terangkat lurus. Kemudian, bungkukkan badan ke depan sambil menyimpan kedua lengan di sampingnya dengan telapak tangan menghadap ke belakang.
  • Ketika posisi bungkuk tercapai, segera tubuh dijatuhkan ke belakang, seperti hendak duduk di lantai dengan kaki lurus. Ketika jatuh, kedua tangan menyentuh lantai terlebih dahulu kemudian disusul dengan pantat. Bersamaan dengan mengguling ke belakang pindahkan kedua tangan ke samping telinga hingga menyentuh lantai bersamaan dengan datangnya kepala.
  • Ketika lutut sudah berada di atas muka/wajah. Doronglah kedua tangan ke lantai hingga lurus, dibantu oleh tusukan kaki keduanya ke atas lurus hingga tiba-tiba pada posisi hand stand. Dari sikap ini turun salah satu kaki ke lantai untuk kembali ke sikap semula.
Bagi yang belum mampu mengangkat kaki lurus ke atas maka latihan ini bisa berpasangan untuk menolong mengangkat kaki ke atas, setelah kaki lurus segera turunkan ke depan dalam keadaan kaki mengeras dan lurus.


Adapun cara untuk menolong pada latihan back extention adalah sebagai berikut.
  • Menarik kaki ke atas, menahan berat badan pada punggung.
  • Mendorong pantat ke atas.
Kesalahan-kesalahan umum yang terjadi dalam back extention adalah sebagai berikut.
  • Saat menjatuhkan badan, kaki bengkok.
  • Saat menjatuhkan pantat, badan kurang membungkuk.
  • Jejakan kaki tidak lurus ke atas.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan back extention atau stutz | Edukasi Center"

Posting Komentar