Sikap Tubuh Dalam Bermain Tenis



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Player [Image by www.telegraph.co.uk], 
Posisi siap merupakan posisi menunggu datangnya bola, baik bola servis atau bola pengembalian lawan ketika permainan sedang berlangsung. Posisi siap berarti menghadap ke net, memutuskan bagaimana cara memegang raket, menekukkan lutut, dan tubuh dibungkukkan ke depan.

Ketika berada pada posisi siap, pemain harus selalu memerhatikan bola yang dipukul oleh lawan dan menunggu bola tersebut melintasi net ke bidang permainannya. Berikut ini sikap tubuh yang benar dalam melakukan posisi siap.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
  1. Posisi badan menghadap net.
  2. Tangan memegang raket dengan forehand atau backhand.
  3. Posisi raket dan tubuh condong ke depan.
  4. Tangan satunya menopang raket.
  5. Lutut sedikit ditekuk.
  6. Kedua telapak kaki direntangkan secukupnya kurang lebih selebar bahu.
Keseimbangan tubuh dan pergerakan kaki yang tepat menentukan keberhasilan pemain dalam mempersiapkan memukul bola. Hampir semua pukulan dilakukan sambil berlari atau setelah berlari mengambil posisi siap.

Untuk memukul setiap groundstroke (istilah yang menyatakan pukulan pada bola setelah terpantul), salah satunya dengan shuffle (bergerak bolakbalik dengan kaki agak terseret), menggeser kaki secara bergantian ke arah yang dituju. Atau dengan cross-step (langkah menyilang), yaitu berlari untuk pukulan yang lebih jauh.


Caranya, jejakkan kaki belakang (kaki yang paling jauh dari net), dan melangkah ke arah yang akan dipukul dengan kaki yang lain, setelah itu berputar ke depan. Berikut ini teknik penempatan kaki dan penguasaan berat badan dalam permainan tenis.
  1. Pergunakan langkah menyilang ketika menuju bola yang agak jauh ke samping atau ke depan, baik ke arah forehand maupun backhand.
  2. Melangkah dengan kaki kiri, bila bola datangnya ke sebelah kanan. Dan, melangkah dengan kaki kanan, bila bola datangnya ke sebelah kiri.
  3. Apabila bola datang menuju ke arah badan, langkahkan kaki kiri mundur ke belakang untuk melakukan pukulan backhand atau langkahkan kaki kanan mundur ke belakang untuk melakukan pukulan forehand.
Daftar pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sikap Tubuh Dalam Bermain Tenis"

Posting Komentar