Pengertian Permainan Bulu Tangkis (Badminton)



Bagikan:


Badminton [Image by my-much.blogspot.com], 

Peraturan permainan bulu tangkis ditetapkan oleh IBF (International Badminton Federation). Induk organisasi bulu tangkis Indonesia adalah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) yang didirikan tahun 1951. Indonesia secara resmi menjadi anggota IBF tahun 1953.


Bulu tangkis (Badminton) adalah suatu permainan yang setiap pemainnya memerlukan bantuan sebuah raket. Sebagai pengganti bola dipergunakan sebuah kok (shuttlecock) yang dipukul secara bergantian oleh setiap regu yang sedang bertanding.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:

Tujuan permainan bulu tangkis adalah untuk mendapatkan shuttlecock dengan cara mengembalikan atau memukul shuttlecock sedemikian rupa sehingga shuttlecock jatuh ke lantai atau lawan tidak bisa mengembalikan kok dengan baik.

Alat yang dipukul adalah shuttle cock dan alat pemukulnya berupa raket dan untuk memulai permainan dimulai dengan pukulan servis dengan arah menyilang (diagonal). Bulu tangkis dalam permainannya setiap setnya terdiri dari 21 point, dimana salah satu pemain yang mendapat nilai 21 dinyatakan pemenang pada set itu.

Bilamana pemain mendapat nilai 20 – 20 maka untuk menyelesaikan pada set itu dicari selisih 2 point dan hitungannya dengan sistem rally point, keadaan tersebut disebut deuce. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan dengan tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Untuk menjadi pemain yang berkualitas seorang pemain harus bisa memadukan kombinasi teknik pukulan, gerak kaki, fisik yang baik serta emosional yang terkendali serta kematangan juara.

Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi; editor, Ema Kurnianingsih.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Permainan Bulu Tangkis (Badminton)"

Posting Komentar