Gerakan Kombinasi Tangan dan Kaki Dalam Gaya Punggung (Back Stroke)



Bagikan:


Renang gaya punggung (backstroke) [image by www.berenang.id],
Gerakan Kombinasi Tangan dan Kaki Dalam Gaya Punggung (Back Stroke) ~ Gaya punggung (back stroke) adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Jadi posisi wajah adalah menghadap ke atas, perenang mudah dalam mengambil napas, tetapi tidak bisa melihat ke depan. Gaya berenang sama dengan gaya bebas, namun dilakukan dengan posisi tubuh telentang.

Koordinasi yang baik antara gerakan tangan dan kaki memengaruhi besarnya daya dorong. Berikut ini langkahlangkah menggerakkan tangan dan kaki dalam berenang dengan gaya punggung elementer.
  • Dari posisi tubuh mengapung-telentang, maka dimulai gerakan pemulihan tangan, dengan ibu jari menyusuri sisi tubuh perenang. Bersamaan dengan itu, ayunkan tumit kaki ke bawah dengan pergelangan kaki ditekuk.
  • Ketika telapak tangan pada posisi setinggi bahu dan jari-jari lurus menghadap keluar, pergelangan kaki ditekuk dengan jari-jari juga lurus menghadap keluar.
  • Rentangkan tangan untuk mengayuh. Sementara itu, telapak kaki bergerak keluar, yang didahului oleh jari kaki.
  • Sementara tangan mulai mengayuh, telapak kaki bergerak keluar dan melakukan gerak memutar.
  • Ketika tangan berada di pertengahan kayuhan, pergelangan kaki ditekuk.
  • Tangan selesai melakukan kayuhan, pergelangan kaki diluruskan dan jari kaki dalam posisi berjinjit, serta kedua kaki menekan air diantaranya.
  • Meluncur di air dengan tubuh tetap dalam posisi lurus. Semakin sedikit dalam melakukan kesalahan, berarti semakin baik penguasaan teknik berenang dengan gaya punggung elementer.


Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Kombinasi Tangan dan Kaki Dalam Gaya Punggung (Back Stroke)"

Posting Komentar