Alat dan Fasilitas Bermain Bulu Tangkis (Badminton)



Bagikan:


Play Badminton [Image by my-much.blogspot.com],

Bulu tangkis merupakan olahraga permainan perorangan yang dilakukan di lapangan segi empat yang dipisahkan dengan sebuah jaring atau net yang dipasang di tengah lapangan. Diperlukan beberapa peralatan khusus yang digunakan untuk bermain bulu tangkis. Alat dan fasilitas yang dipergunakan dalam permainan bulu tangkis adalah sebagai berikut.


1. Raket
Raket harus berukuran panjang tidak boleh lebih dari 68 cm dan kepala raket mempunyai panjang tidak lebih dari 23 cm. Permukaan raket yang dipasang senar berukuran tidak boleh lebih dari panjang 28 cm dan lebar 22 cm.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:
2. Kok (Shuttlecock)

Kok harus mempunyai 16 lembar bulu yang ditancapkan pada dasar kok atau gabus yang dilapisi kain atau kulit, berat kok berkisar antara 73-85 grains (4,74 gram – 5,00 gram).

3. Jaring (Net)

Jaring atau net terbuat dari tali halus dan berwarna gelap, lubang-lubangnya berjarak 15-20 mm. Panjang net sesuai dengan lebar lapangan, yaitu 6,10 m dan 76 cm dan bagian atas pita putih selebar 7,5 m. Tinggi tiang net 155 cm dan bagian tengah net 1,524 m dari permukaan lantai.

4. Pakaian

Pakaian yang dimaksud adalah pakaian olahraga dengan T-shirt lengan pendek dan celana pendek. Gunakan pakaian yang paling cocok dan enak dipakai sehinggga tidak mengganggu tubuh pada waktu bermain.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Alat dan Fasilitas Bermain Bulu Tangkis (Badminton)"

Posting Komentar