Teknik Melakukan Gerakan Kombinasi Antara Salto Depan dan Salto Belakang Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Ilustrasi gerakan salto depan, 

Salto depan atau front somervault adalah gerakan mengguling (roll) di udara ke arah depan. Supaya badan dapat berputar di udara, sikap badan harus bulat. Poros putaran gerakan salto disebut sumbu putaran transfersal. Jika dilihat gerakan salto ini sama dengan putaran pada roll (guling) depan, hanya saja keterampilan salto ini dilakukan di udara.


Putaran salto minimal harus 360 derajat. Satu putaran ini disebut dengan single salto, karena badan hanya memutar satu kali putaran. Jika derajat putarannya ditambah, misalnya sekitar 45 derajat, maka hasil putaran (mendarat) akan berbentuk dalam posisi telungkup. Namun, putaran salto ke depan juga bisa dilakukan dua kali atau double salto.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Cara melakukan salto depan adalah sebagai berikut.
  • Awalan : Lakukan awalan beberapa langkah.
  • Tolakkan : Lakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas dengan kuat, bersamaan dengan kedua lengan diayun kuat ke atas.
  • Layangan : Saat mencapai titik loncatan maksimal, kedua tangan memeluk lutut, dan kepala menunduk.
  • Pendaratan : Menjelang pendaratan, pegangan tangan dilepaskan, kedua lutut diluruskan, kemudian mendarat dalam posisi berdiri.



Salto belakang atau biasa disebut flic-flac adalah suatu bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokkan lutut. Setelah itu menolakkan kedua kaki serta melemparkan kedua tangan ke belakang hingga mendarat, tangan dijadikan tumpuan untuk gerakan selanjutnya, badan membusur disertai lemparan kedua kaki ke belakang hingga berdiri tegak. Poros putaran sama dengan gerak salto depan.

Cara melakukan gerakan flic - flac adalah sebagai berikut.
  • Awalan : Berdiri dengan kaki rapat, kedua lengan lurus ke depan.
  • Tolakan : Turunkan lengan dan ayun ke belakang, lutut ditekuk hingga setengah jongkok. Ayunkan kembali kedua lengan ke depan atas, bersamaan dengan tolakan kaki yang kuat, kepala tegak dilipat ke belakang.
  • Layangan : Badan melenting, kedua kaki lurus, badan melayang sebelum kedua tangan menumpu di atas matras. Setelah mencapai posisi handstand, kedua kaki dihentakkan (snap), panggul ditekuk disertai dengan tolakan tangan.
  • Pendaratan : Kedua kaki mendarat, dada dan kepala terangkat, kedua lengan lurus ke depan.
Sumber pustaka : BSE (Buku Sekolah Elektronik) Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Gerakan Kombinasi Antara Salto Depan dan Salto Belakang Dalam Senam Lantai"

Posting Komentar