Sejarah Singkat Olahraga Renang di Indonesia | Edukasi Center



Bagikan:


Olahraga Renang [Image by mayapedia.me], 
Olahraga renang semakin lama semakin berkembang dan tersebar luas hampir ke seluruh Negara termasuk Indonesia, sehingga bermunculan perkumpulan-perkumpulan renang. Oleh karena itu, pada tahun 1908 didirikanlah perserikatan renang di seluruh dunia dan dikenal dengan singkatan FINA (Federation Internationale de Nation Amateur).

Olahraga renang di Indonesia telah ada sejak tahun 1904, namun pada waktu itu hanya dikenal oleh orang-orang kulit putih (bangsa Belanda) dan orang-orang berada saja. Oleh sebab itu olahraga renang pada waktu itu tidak banyak diketahui oleh masyarakat kita, lebih-lebih lagi mengenai bagaimana cara melakukan renang yang baik dan benar.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini:
Kolam renang yang pertama kali didirikan di Indonesia adalah di Cihampelas Bandung tahun 1904. Pada tahun 1917 di Indonesia didirikan perserikatan dengan nama: Bandoengse Zwembond dan pada tahun 1951 didirikan Persatuan Berenang Seluruh Indonesia, dengan nama singkatan PBSI.


Nama PBSI pada tahun 1956 diubah namanya menjadi PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) dan singkatan nama ini digunakan sampai sekarang. Maksud dari penggantian nama singkatan olahraga renang ini yaitu agar tidak sama dengan nama Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sejarah Singkat Olahraga Renang di Indonesia | Edukasi Center"

Posting Komentar