Pendinginan Pada Senam Taebo | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam taebo [image by taebosport.blogspot.com], 

Setelah melakukan gerakan pemanasan dalam senam taebo, saatnya kita melakukan gerakan pendinginan agar tubuh kembali pada keadaan normal dengan berlahan. Pendinginan senam taebo terdiri atas beberapa gerakan lengan, punggung, peregangan otot, dan pernapasan. Berikut ini gerakan-gerakan tersebut.


1. Gerakan Lengan
Gerakan lengan pada pendinginan dilakukan sebagai berikut.
  • Angkat salah satu lengan lurus ke atas secara bergantian. Lalu, angkat kedua lengan lurus ke atas.
  • Ayunkan kedua lengan ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Gerakan ini disertai dengan liukan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti gerak lengan.
  • Kedua lengan dalam posisi lurus diputar melewati atas. Gerakan dimulai dari samping kanan ke samping kiri, dan sebaliknya.
Baca juga informasi menarik lainnya mengenai Senam Aerobik dibawah ini:
2. Peregangan Otot

Peregangan otot dilakukan dengan cara meliukkan badan ke kanan dan ke kiri. Kemudian, luruskan salah satu kaki dan kaki lainnya ditekuk sambil membungkukkan badan.

3. Pernapasan

Pada tahap ini, dilakukan gerakan mengambil napas sambil mengangkat kedua tangan ke atas, kemudian mengembuskan napas sambil menurunkan kedua tangan hingga di depan dada.

Sumber pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pendinginan Pada Senam Taebo | EdukasiCenter"

Posting Komentar