Latihan Inti Pada Senam Taebo | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam taebo [image by kfetele.ro], 

Senam taebo adalah program kebugaran yang bersifat “aerobik” di mana gerakan-gerakannya dikreasikan dari gerakan taekwondo dan boxing (tinju), seperti menendang, meninju, mengelak, dan aerobik tanpa lompatan.


Latihan inti pada senam taebo dimulai dengan gerakan jalan di tempat. Gerakan-gerakan yang terdapat pada latihan inti senam taebo didominasi oleh gerakan lengan dan tungkai, serta kombinasi antara keduanya.

1. Gerakan Lengan

Posisi kedua tangan ditekuk di depan dada. Langkahkan kaki kanan serong ke kanan disertai pukulan ke samping badan dengan tangan dikepal. Gerakan dilanjutkan dengan mundur ke belakang dan posisi tangan kembali ke dada serta badan membungkuk. Lakukan secara bergantian menggunakan kaki kiri.

Baca juga informasi menarik lainnya mengenai Senam Aerobik dibawah ini:
2. Gerakan Kaki
Gerakan kaki terdiri atas gerakan-gerakan berikut.
  • Posisi kedua tangan ditekuk di depan dada. Langkahkan kaki kiri mundur ke belakang serong kiri dan kedua tangan diangkat ke atas. Lalu, lutut kaki kanan diangkat setinggi pinggang dan tangan dibuka di samping badan. Lakukan hal yang sama untuk kaki kanan.
  • Kaki kanan ditekuk dan diangkat setinggi pinggang ke depan, lalu lakukan tendangan yang mengarah ke depan. Kaki kanan ditekuk dan diangkat setinggi pinggang ke belakang, lalu lakukan tendangan yang mengarah ke belakang. Lakukan hal serupa dengan menggunakan kaki kiri.
3. Variasi dan Kombinasi Gerakan
Gerakan lengan dan gerakan tungkai dapat divariasikan sebagai berikut.
  • Melangkah ke depan disertai pukulan, lalu mundur ke belakang dengan posisi tangan siap menangkis.
  • Kedua tangan ditekuk di dada dan badan menghadap ke samping kiri. Kaki kiri dilangkahkan ke belakang sambil membuka kedua tangan. Lalu, posisi badan berbalik menghadap ke depan. Tangan kanan berada dalam posisi menangkis, sementara tangan kiri melakukan pukulan lurus ke depan. Lakukan gerakan yang sama dengan posisi badan menghadap ke samping kanan.
  • Posisi badan menghadap ke samping kiri dengan kedua tangan dikepal lurus ke atas. Lalu, kaki kanan ditarik ke samping badan sambil menarik kedua tangan dan diletakkan di paha. Lakukan tendangan dengan kaki kanan. Ulangi gerakan tersebut dengan posisi badan menghadap ke samping kanan.
Sumber pustaka : Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Inti Pada Senam Taebo | EdukasiCenter"

Posting Komentar