Gerakan Tangan dan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu



Bagikan:


Renang Gaya Kupu-Kupu [Image by id.wikipedia.org], 
Dalam melakukan gerakan dalam renang gaya kupu-kupu, terdapat beberapa hal yang menentukan keberhasilan dalam melakukan renang gaya kupu-kupu. Beberapa hal tersebut diantaranya gerakan tangan dan kaki saat berenang. Berikut ini akan diuraikan bagaimana untuk memaksimalkan gerakan tangan dan kaki sehingga maksimal dalam berenang dengan gaya kupu-kupu.

Gerakan kaki pada renang gaya kupu-kupu seperti gerakan sirip ekor ikan lumba-lumba. Berikut ini uraian geraknya.
  1. Posisi awalnya, kaki dan paha adalah lurus. Lutut tidak boleh ditekuk. Kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan satu sama lain.
  2. Gerakkan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air.
  3. Jatuhkan kedua kaki secara bersamaan, sehingga memberikan dorongan ke depan. Pinggul akan terdorong dan naik ke depan. Jadi, kekuatan sebenarnya terletak pada gerakan pinggul, bukan pada kaki.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Kupu-Kupu dibawah ini:
Posisi awal gerakan tangan adalah kedua tangan lurus di atas kepala, dimana kedua telapak tangan berdekatan namun tidak perlu menempel satu sama lain. Selanjutnya, tarik kedua tangan secara bersamaan ke bawah. Teruskan menariknya hingga ke belakang.


Lanjutkan dengan mengangkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air, kemudian ayunkan kembali ke depan. Lakukan gerakan ini secara terus-menerus. Yang perlu diperhatikan ketika menjatuhkan tangan ke dalam air yaitu posisi telapak tangan agak menghadap keluar (seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air terlebih dahulu).




Sumber pustaka : BSE (Buku Sekolah Elektronik) Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Tangan dan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Kupu-Kupu"

Posting Komentar