Cara Memegang Simpai Dalam Senam Irama Dengan Menggunakan Simpai | Edukasi Center



Bagikan:


Cara Memegang Simpai, 

Senam irama merupakan salah satu cabang yang ada pada olahraga senam, pada umumnya senam irama menggunakan beberapa alat, seperti tongkat, tali, simpai, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang senam irama dengan menggunakan simpai.


Sebelum melakukan senam irama dengan menggunakan simpai, perlu juga kita ketahui mengenai teknik memegang simpai beserta simpainya sendiri. Simpai merupakan salah satu alat yang digunakan dalam olahraga senam, khususnya dalam senam irama. Simpai berbentuk bulat dengan berat minimal 300 gram dan berdiameter 80 cm – 90 cm untuk dewasa serta 60 cm – 75 cm untuk anak-anak.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Cara memegang simpai dalam senam irama juga bermacam-macam jenisnya. Jenis pegangan simpai, antara lain sebagai berikut:
  • Pegangan biasa (overgrip), yaitu simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Pegangan berlawanan (undergrip), yaitu simpai dipegang dengan satu atau dua tangan dan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Pegangan dalam, yaitu simpai dipegang dengan satu atau dua telapak tangan. Telapak tangan menghadap keluar dan jari-jari ke atas.
  • Pegangan luar, yaitu simpai dipegang dengan satu atau dua tangan, telapak tangan menghadap ke arah dalam, dan ibu jari ke atas.
  • Pegangan campuran, yaitu simpai dipegang dengan pegangan yang berbeda oleh kedua tangan. Tangan kanan memegang simpai dengan teknik pegangan biasa, sedangkan tangan kiri dengan teknik pegangan berlawanan.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara memegang simpai dalam senam irama, setelah teman-teman menguasai teknik memegang simpai ini cobalah untuk melatih beberapa gerakan senam agar gerakan tangan saat memegang simpai bisa lebih halus lagi.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Memegang Simpai Dalam Senam Irama Dengan Menggunakan Simpai | Edukasi Center"

Posting Komentar