Bahan Alat Senam Irama Menggunakan Tali | EdukasiCenter



Bagikan:


Senam irama dengan tali [image by fajarsumatera.co.id], 
Senam irama adalah suatu perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya, misalnya dengan menggunakan tepukan tanan, ketukan, nyanyian, musik dan sebagainya. Orang yang berjasa dalam aliran senam irama adalah seorang musikus bernama J.J Dalerose. Melalui karyanya yang berjudul Rhytmique Gymnastique, ia memusatkan seluruh perhatiannya terhadap hubungan antara musik dan gerakan tubuh.

Senam irama dapat menggunakan beberapa alat misalnya tongkat, simpai dan tali. Untuk senam irama yang menggunakan tali, perlu menggunakan ukuran dan jenis tali yang diperbolehkan atau yang standar internasional.
Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Bahan yang biasanya digunakan untuk senam irama menggunakan tali adalah tali dari sutra, serat manila, nylon atau bahan lain yang garis tengahnya tidak lebih dari setengah inci. Panjang tali diukur dengan cara menyuruh siswa berdiri di atas tali, kedua lengan lurus ke samping setinggi bahu memegang ujung-ujung tali. Biasanya panjangnya sekitar 10 sampai 12 kaki. Panjang tali ini penting untuk dapat diayun dari pergelangan tangan dengan teknik yang benar.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bahan Alat Senam Irama Menggunakan Tali | EdukasiCenter"

Posting Komentar