Ukuran Luas Lapangan Dalam Olahraga American Football (Sepak bola Amerika)



Bagikan:


Gambar Lapangan American Football (id.wikipedia.org), 
Ukuran Luas Lapangan Dalam Olahraga American Football (Sepak bola Amerika) ~ Pernahkah anda menonton pertandingan olahraga American Football? saya yakin bagi anda yang menyukai olahraga keras ini pasti mengetahui perangkat-perangkat pertandingan yang ada, termasuk lapangannya. Olahraga ini mempunyai lapangan permainan berbentuk segi empat, panjangnya sekitar 120 yard atau sekitar 110 meter dan lebarnya sekitar 53 1/3 yard atau sekitar 49 meter.

Garis paling luar di sepanjang lapangan disebut sideline (garis sisi), sedangkan garis paling luar di kedua ujung lapangan disebut end line (garis akhir).Di kedua sisi kiri dan kanan lapangan terdapat goal line (garis gawang). Jarak antara kedua sisi garis gawang adalah 100 yard. Bidang tempat mencetak skor disebut end zone (zona akhir) dan panjangnya 10 yard dihitung dari garis gawang sampai ke garis akhir. (id.wikipedia.org).

Pada sepanjang lapangan pertandingan dibuat garis melintang yang disebut dengan garis yard (yard line), Garis ini diberi jarak 5 yard setiap garisnya. Disetiap 10 yard garis melintang pada lapangan tersebut diberi tanda jarak yang dimulai dari kedua belah sisi garis gawang dan berakhir di tengah lapangan (garis gawang) -10, -20, -30, -40, 50, 40-, 30-, 20-, 10- (garis gawang). Sedangkan untuk garis-garis yang terdapat dipinggir lapangan disebut dengan hash marks (tanda hash) yang berfungsi untuk menandai setiap yard dari panjang lapangan tersebut.

Gawang yang ada pada olahraga American Football ini berbentuk seperti garpu tala dengan dua buah tiang yang tinggi masing-masing tiang tersebut 10 kaki atau 3 meter, letak dari gawang ini berada pada ujung masing-masing zona akhir (end zone).



Kedua tiang gawang tersebut berjarak sekitar 18 kaki 6 inci atau sekitar 5,6 meter serta dipasang diatas besi melintang (cross bar) yang membentuk mulut gawang seperti huruf "U", jika pemain ingin mencetak scor salah satunya yaitu dengan menendang bola setinggi-tingginya hingga melewati kedua tiang tersebut serta diatas besi melintang.

Pada pertandingan Amerika Football antar sekolah menengah, jarak antara tiang gawang tersebut sekitar 24 kaki atau sekitar 7,3 meter fungsinya agar bola bisa cepat masuk. Tinggi tiang gawang hingga bagian paling ujung mencapai 30 kaki (9 meter) dari atas permukaan lapangan.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Luas Lapangan Dalam Olahraga American Football (Sepak bola Amerika)"

Posting Komentar