Cara dan Sikap melempar Lembing Dalam Olahraga Lempar Lembing | Edukasi Center



Bagikan:


Ilustrasi lempar lembing [image by BeritaSatu.com], 

Cara melempar lembing dapat dilakukan dengan cara; atlet berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, siku menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah.


Panjang awalan rata-rata 30 m. Awalan pendahuluan biasanya dimulai ketika atlet tiba di tempat yang telah diberi tanda sebelumnya (check mark). Sikap akan melempar lembing adalah berdiri, kaki dibuka menyamping ke arah lemparan dengan bahu kiri di depan. Tangan lempar direntangkan ke samping, sedikit menyerong ke bawah.

Baca juga informasi menarik lainnya mengenai olahraga lempar lembing dibawah ini:

Berat badan ada di kaki kanan yang dibengkokkan ke arah luar. Kaki kiri menjadi penopang dan pada saat lemparan akan dimulai. Tahan agar kaki ini terus lurus sampai lemparan berakhir. Lengan kiri sebagai pengimbang dengan dibengkokkan ke atas muka.

1. Gerak Melempar

Gerakan dimulai memutar panggul ke arah lemparan yang diikuti oleh putaran lutut dan kaki serta angkatan lengan ke atas bahu dengan membengkokkan siku lengan lempar ke atas. Kaki belakang meneruskan dorongan badan ke depan ketika berat badan berada di tengah, tangan lempar digerakkan ke depan untuk membantu menggerakkan lengan lurus.

2. Sikap Akhir Lemparan

Sikap akhir lemparan merupakan sikap lanjutan dari gerak melempar. Pergelangan tangan akan mengakhiri gerakannya dengan sikap bengkok ke bawah lebih rendah dari posisi horizontal lengan bahu. Dan badan masih melanjutkan gerakan ke depan dari tenaga dorongan kaki belakang.

Sumber pustaka :
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. – Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara dan Sikap melempar Lembing Dalam Olahraga Lempar Lembing | Edukasi Center"

Posting Komentar