Bagaimana Bermain American Football



Bagikan:


American Football, 
Bagaimana Bermain American Football ~ Mungkin anda sudah banyak yang mengetahui tentang salah satu olahraga yang paling populer di Amerika Serikat dan Canada ini, dari film-film Holywood yang banyak menceritakan mengenai olahraga American Football hingga tayangan televisi olahraga dari luar negeri yang selalu menayangkan pertandingan-pertandingan dari National Football League (NFL) atau Liga Nasional Sepak bola Amerika.

Olahraga ini termasuk kedalam olahraga yang cenderung keras dan mengandalkan fisik, maka dari itu jarang sekali orang yang mau memainkannya. Dalam memainkan pertandingan ini diperlukan dua tim, yang masing-masing timnya terdapat sebelas pemain.

Tim yang menyerang mendapat 1 set kesempatan yang terdiri dari 4 kali down untuk membawa bola sejauh 10 yard ke bidang endzone lawan. Bola dibawa dengan tangan sambil berlari atau dilemparkan kepada rekan satu tim, sampai gerak maju tim yang menyerang berhasil dihentikan tim bertahan.

Skor dicetak dengan tiga cara yaitu membawa atau meletakkan bola di luar garis gawang pada sisi endzone lawan, cara ini cara ini disebut dengan Touchdown (TD); cara lainnya juga untuk mencetak scor yaitu dengan menendang bola hingga melewati gawang lawan biasa disebut Gol lapangan (field goal atau FG); satu lagi cara untuk mencetak scor yaitu Safety.

Walaupun permainan ini cenderung kasar, akan tetapi terdapat beberapa pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh para pemainnya. Beberapa pelanggaran yang biasa terjadi dalam pertandingan American Football adalah Salah start (false start), Offside, Holding, Pass interference, Delay, Memblok secara ilegal dari belakang, dan Face mask. Jika pelanggaran tersebut dilakukan maka akan menghasilkan hukuman berupa tendangan bebas, mengenai pelanggaran-pelanggaran ini akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.


Salah satu tim akan memenangkan pertandingan jika mencetak scor terbanyak setelah selesai 4 babak pertandingan, pertandingan ini bisa juga berakhir dengan seri jika tidak ada pemenang setelah diberikan perpanjangan waktu. Waktu bermain dihitung secara teliti detik demi detik, dan peraturan bermain diawasi secara ketat karena melibatkan benturan fisik antar pemain.

Waktu pertandingan dalam American Football yaitu 60 menit, jadi setiap babak terdiri dari 15 menit. Pertandingan akan memakan waktu lebih lama lagi jika scor menjadi seri, tambahan waktunya 15 menit lagi. Jam pertandingan dihentikan kalau terjadi pergerakan bola yang menurut peraturan pertandingan mengharuskan pertandingan dihentikan, akibatnya waktu pertandingan menjadi lebih lama. Pertandingan NFL sering memakan waktu lebih dari 3 jam karena jam pertandingan harus dihentikan ketika tidak ada pergerakan bola.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bagaimana Bermain American Football"

Posting Komentar