Mengenal Senam Irama atau Ritmik | EdukasiCenter



Bagikan:


Ilustrasi senam irama [image by Merdeka.com], 

Senam Irama atau ritmik merupakan bagian dari salah satu senam yang ditetapkan oleh Federation Internationale de Gymnastic. Senam irama senam yang dalam pelaksanaannya disertai musik nyanyian menurut irama dengan gerakan yang dilakukan.


Gerakan pada senam irama dilakukan dengan luwes, berkesinambungan dan sesuai dengan ritme (irama) yang mengiringinya. Gerakan dapat dilakukan secara kombinasi jalan, lari, lompat, loncat, mengayun, berputar yang menimbulkan keindahan gerakan.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Kita ketahui senam irama memiliki beberapa aliran diantaranya aliran seni sandiwara, musik, tari. Senam ini sangat menyenangkan dapat dilakukan perorangan maupun beregu dengan alat dan tanpa alat. Senam kebugaran jasmani merupakan bentuk aktivitas ritmik yang dipopulerkan di Indonesia baik melalui pendidikan formal maupun non formal serta perkantoran.

Senam irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Mengenal Senam Irama atau Ritmik | EdukasiCenter"

Posting Komentar