Sejarah Singkat Olahraga Bola Voli



Bagikan:


Permainan bola voli [image by yoshsport.blogspot.com]

Permainan bola voli yang kita kenal sekarang ini ada dua system yakni internasional dan sistem timur jauh. Perbedaan kedua sistem ini terletak pada jumlah pemain dan ukuran lapangan yang digunakan. Permainan bola voli yang kita kenal sekarang ini terutama oleh anak-anak sekolah dan masyarakat adalah sistem internasional.


Permainan bola voli telah dikenal sejak abad pertengahan, terutama di Romawi. Kemudian dari Italia permainan ini diperkenalkan di Jerman pada tahun 1893 dengan nama “Faustball“, dua tahun kemudian pada tahun 1895 William G.Morgan Direktur YMCA (Young Men Christian Association) di kota Holyoke, negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat mencoba permainan semacamnya yang diberi nama Minonette.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Dasar yang digunakan permainan Minonette adalah memukul– mukul bola hilir mudik di udara, maka permainan Minonette ini kemudian diubah menjadi bola voli. Permainan ini cepat meluas, karena digemari oleh masyarakat.

Bola voli resmi dipertandingkan di Olimpiade mulai tahun 1964 di Jepang. Pada tahun 1948 induk organisasi bola voli dunia dibentuk yang berkedudukan di Paris dengan nama IVF (International Volleyball Federation).

Indonesia mengenal permainan bola voli pertama kali dari orang-orang Belanda pada waktu zaman penjajahan. Perkembangan bola voli di Indonesia berkembang dengan cepat, sehingga pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuk persatuan bola voli seluruh Indonesia (PBVSI) di Jakarta atas prakarsa Wim Latumeten. Sedang federasi bola voli seluruh dunia, atau International Voli Ball Federation (IVBF) didirikan pada tahun 1948 di kota Paris.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sejarah Singkat Olahraga Bola Voli"

Posting Komentar